Notification

×

Iklan

Iklan

Diskominfotik Kota Bima Gelar Bimtek KIM 2022

| Selasa, Agustus 02, 2022 WIB Last Updated 2022-08-02T00:40:23Z
Pelaksana bimtek KIM

Kota Bima,JangkaBima.com.- 

Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kelompok Informasi Masyarakat Kelurahan (KIM). 


Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima itu turut dihadiri oleh Sekretaris, Kabid Kominfotik, Kabid TIK, Kabid Statistik beserta jajaran Diskominfotik Kota Bima. Senin, 1 Agustus 2022


Acara bimbingan teknis tersebut mencakup penyelenggaraan tugas dan fungsi tenaga informasi dan teknologi di 41 kelompok KIM pada masing-masing kelurahan di Kota Bima. Pelaksanaan Bimbingan Teknis tersebut sebagaimana didasarkan pada Peraturan Walikota Bima Nomor 9 Tahun 2020.


Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima Drs. H. Mahfud, M.Pd menyampaikan Kelompok Informasi Masyarakat Kelurahan akan berkolaborasi dengan Rumah Aspirasi bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak.


"Saya berharap KIM Kelurahan juga dapat berpartisipasi aktif di Rumah Aspirasi", harapnya.


Karena di tahun 2023, pemerintah Kota Bima memiliki program setiap kelurahan memiliki akses WiFi gratis. Hal ini agar bisa menjadi semangat baru membangun kolaborasi di kelurahan yang ada.


"Kami merencanakan di setiap kelurahan akan dipasang WiFi gratis", tambahnya.


Lebih lanjut, Kadis Kominfotik mengatakan Kelompok Informasi Masyarakat di samping menjalin komunikasi dua arah dengan pemerintah, KIM juga diharapkan dapat membangun komunikasi tiga arah yakni antara KIM dengan pemerintah, dan antara KIM dengan masyarakat. Karena nantinya akan memantau sekaligus mengevaluasi WiFi gratis dari Pemerintah Kota Bima, baik dari efisiensi keberadaannya, maupun dari efisiensi penggunaannya oleh masyarakat.


Di akhir sambutannya, H. Mahfud berharap KIM nanti dapat diberdayakan pengelompokan informasi dengan Command Center. Sebab, Pemerintah Kota Bima kedepannya akan lebih banyak menggunakan IT dalam berbagai bentuk pelayanan.


"Saat ini, kita berada pada sistem berbasis elektronik. Tidak ada lagi datang melapor, cukup lewat Kelompok Informasi Masyarakat masuk di Command Center Kota Bima, kemudian OPD/Badan terkait akan menanggapi dan merespon dengan cepat keluhan dimasyarakat", jelasnya.


Peserta yang hadir bersumber dari tenaga admin tiap kelurahan yang menjadi anggota KIM dan berasal dari masyarakat, yang telah terakomodir sebelumnya dengan jumlah sebanyak 41 orang. (JB06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.