Notification

×

Iklan

Iklan

Syamsurih : Rancangan APBD Kota Bima Masih Dalam Proses Pembahasan

| Rabu, Desember 27, 2023 WIB Last Updated 2023-12-27T02:58:17Z
Wakil ketua DPRD Kota Bima, Syamsurih 

Kota Bima, JB.-

Menjawab dinamika pembahasan terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Bima tahun 2024, Wakil Ketua DPRD, Syamsurih berikan tanggapan.

 

Menurut duta PAN, saat ini RAPBD Kota Bima masih dibahas dan belum ditetapkan “ masih on proses, belum ada penetapan, hari ini pun akan ada pembahasan antara tim dari eksekutif dan legislatif,” ujarnya.

 

Jelasnya, mengacu pada Permendagri tentang pedoman penyusunan APBD, tahapan pembahasan RAPBD Kota Bima tahun 2024. Usai dilaksanakan evaluasi di tingkat Provinsi, hari ini Rabu (27/12/2023) dilanjutkan pembahasan antaran Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dipimpin Sekda dan Tim Banggar DPRD Kota Bima dipimpin ketua DPRD.

 

“masih ada dua tahapan, hari ini pembahasan di banggar DPRD dan sesudah itu bila mana ada kesepahaman akan dilanjutkan dengan paripurna pengambilan putusan melalui paripurna dari raperda menjadi Perda APBD Tahun 2024,” jelas Syamsurih.

 

Tentunya sebelum ditetapkan, antara tim pemerintah daerah dan banggar DPRD lebih lanjut kembali akan  membahasnya per item belanja di setiap OPD, nanti akan kelihatan didalam dalam setiap laporannya, termasuk belanja hibah diserahkan dan hibah kepada organisasi maupun lembaga terkait “ nanti anggarannya akan kelihatan di tiap OPD mana,” ungkapnya..

 

Tentunya rencana belanja tersebut ada dasarnya, yaitu dari dokumen Rencana kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang merupakan dokumen kerja pemerintah daerah setiap tahunnya. Kemudian proses penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang juga melibatkan DPRD sebagai bagian dari mekanisme demokrasi.

 

Lanjutnya, dari KUAP dan PPAS itu nantinya dijabarkan melalui program-program kerja pemerintah di setiap OPD didalam RAPBD yang masih dibahas saat ini.

Ditanyakan apakah masih akan ada perubahan RAPBD? Kata Syamsurih, tergantung kebutuhan, yang pasti RAPBD Kota Bima Tahun 2024 saat ini masih dalam pembahasan.(red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.