Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati HPS, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Gelar Pasar Murah

| Senin, Oktober 16, 2023 WIB Last Updated 2023-10-16T06:58:27Z

asisten I saat buka kegiatan GPM di kantor Dinas Ketahanan Pangan
Kota Bima, JB.-

Peringati Hari Pangan Sedunia (HPS), Pemkot Bima melalui Dinas Ketahanan Pangan mengelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GMP) dan Operasi pasar murah.

Kegiatan dipusatkan di halaman kantor setempat, senin (16/10/2023) itu banyak menarik perhatian masyarakat dan merasa sangat terbantukan ditengah naik harga sejumlah bahan pokok.

 

 

Gerakan Pangan Murah selain dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2023, juga bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok.

 

kegiatan GMP terselenggara atas kerjasama Badan Pangan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Perum Bulog dan sejumlah retail.

 

Kegiatan ini dilaksanakan secara serempak (online) di seluruh Indonesia dan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pangan Nasional, Arif Prasetyo Adi, ST., MT

 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Ichwanul Muslimin, SP., MM menyampaikan ucapan terima ksh atas kerjasama antar OPD, Perum Bulog Cabang Bima, Distributor Pangan, Toko Pangan Indonesia, Ritel Modern dan pelaku pangan lainnya telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

 

Menurutunya, kegiatan GPM hari ini sangat membantu masyarakat, terlebih ditengah naiknya harga beras baik medium dan premium. 

Mewakil PJ Wali Kota Bima,  Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. H. Abdul Gawis berharap, dengan masifnya kegiatan GPM dan Operasi Pasar di seluruh kelurahan dapat memberikan efek psikologis terhadap harga pangan khususnya beras.

 

Belum lagi upaya pemerintah memberikan bantuan pangan berupa beras sebanyak 10 kg/Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dan di Kota Bima telah didistribusikan untuk bulan oktober sebanyak 14.745 KPM.

 

Jelasnya, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok, baik di tingkat produsen maupun konsumen, serta meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat, terutama ketika terjadi gejolak pasokan dan harga pangan.  Untk itu harga bahan pangan yang dijual di kegiatan GPM semuanya dibawah harga pasar.

 

Adapun harga beras medium bervariasi antara Rp. 10.300-12.000/kg, Gula pasir Rp. 14.000/kg, Minyak goreng Rp. 14.000, Terigu harga Rp.9.000/kg, dan pangan lainnya. Juga dilaksanakan pemberian cadangan pangan pemerintah sebanyak 5 ton beras untuk 500 penerima manfaat yang tersebar di dua kecamatan, yaitu RasanaE Barat dan Mpunda.

 

Terisah, Jubaidah warga Kelurahan Tanjung menyampaikan ucapatan terimakasih pada Dinas Ketahanan pangan, melalui kegiatan GPM ini masyarakat sangat terbantukan, karena bisa mendapatkan sejumlah kebutuhan pokok dibawah harga pasar saat ini.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.