Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolres Bima-Kota dan Manajemen Marina In Dukung Program Panen Air Hujan oleh FPRB

| Selasa, September 19, 2023 WIB Last Updated 2023-09-19T09:31:48Z
FPRB saat sambangi Hotel Marina In

Kota Bima,JB.-

Kapolres Bima-Kota, AKBP Rohadi dan Manajer Hotel Marina In, Prayitno Ginting merespon positif dan siap mendukung langkah FPRB Mbojo Matenggo dengan program pemanfaatan air hujan atau panen air hujan dan ajakan pelastarian lingkungan.

 

Hal itu disampaikan langsung saat jajaran FPRB Mbojo Matenggo, Selasa (19/9/2023) bersilaturahim di ruang kerjanya.

 

Seperti kita ketahui selama ini, air hujan merupakan salah satu sumber daya alam yang belum di manfaatkan secara optimal, hanya untuk kebutuhan pertanian dan selebihnya dibiarkan mengalir hingga ke lautan.

 

Padahal banyak pemukiman warga saat ini kerap alami kekurangan air untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

 

Untuk itu, FPRB Mbojo Matenggo saat ini terus gencar mesosialisasikan program pemanfaatan air hujan atau pane air hujan, yang kenyataannya sangat membantu memenuhi kebutuhan air.

 

Ketua Harian FPRB Mbojo Matenggo, Anwar Anwar didampingi anggotanya, M Imawan menyampaikan, tujuan kami menyambangi sekaligus silaturahim ke Polres Bima-Kota dan Hotel Marina In guna mensosialisasikan sekaligus mengajak untuk ikut berpatisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

 

Salah satunya melalui pemanfaatan air hujan dan menimilasir terjadinya perusakan hutan yang imbas sudah sering dirasakan oleh masyarakat saat ini, yaitu banjir.

 

Bebicara air hujan dapat digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan manusia antara lain untuk mandi, mencuci bahkan untuk air minum.

 

Yaitu melalui Sistem Panen Air Hujan (PAH) merupakan suatu sistem konservasi air tanah melalui penampungan dan pemanfaatan air hujan guna memenuhi kebutuhan air untuk sanitasi.

 

Untuk program panen air hujan sudah diterapkan dibeberapa lokasi di Kota Bima, salah satunya di Kelurahan Lela Mase, dan terbukti di saat musim hujan selain untuk memenuhi kebutuhan pertanian juga dirasakan manfaatnya oleh warga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

 

"Kerjasama yang terjalin dengan Kapolres Bima Kota ini sebagai upaya dan langkah-langkah mitigasi bencana. Kapolres menilai program ini sangat bermanfaat untuk warga," ujarnya. 

 

Apalagi sambung Anwar Arman, di lingkungan Polres Bima Kota pada bagian Musholla juga sudah melakukan langkah mitigasi dengan membuat kolam retensi. 

 

Tambah Imawan Muslimin, selain itu kami juga mendatangi dunia usaha, yaitu Hotel Marina In mendorong agar dapat memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan perhotelan.

 

Dari pada haru membeli air yang kemudian tentunya bepengaruh pada pengambilan air tanah yang berlebihan, dengan panen air hujan setidaknya dapat mengurangii pengambilan air tanah berlebihan dan air hujan tak terbuang percumanya.

 

“ manajemen Marina In dan Kapolres tadi meresponnya dengan baik dan menyatakan kesiapannya mendukung langkah FPRB untuk kepentingan generasi kedepanya,” pungkas Imawan.

 

FPRB bersama Kapolres Bima-Kota

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi juga mengungkapkan dukungannya terhadap program FPRB ini dan menyatakan bahwa inisiatif ini akan sangat bermanfaat bagi warga. 

 

"Ini adalah langkah konkret dalam mendukung program mitigasi kebencanaan yang diusung oleh FPRB," pujinya. 

 

Kapolres Rohadi juga mengucapkan terima kasih kepada FPRB Kota Bima atas kunjungannya. Polres Bima Kota tentu akan mendukung sepenuhnya program yang direncanakan Forum ini. 

 

"Dengan adanya sosialisasi dan contoh program ini, diharapkan masyarakat Kota Bima dapat memenuhi kebutuhan air bersih secara mandiri, sehingga dapat mengurangi dampak kekeringan saat musim kemarau seperti yang terjadi saat ini," harapnya. 

 

Terpisah, Manajer Hotel Marina In, Priyatno Ginting pun siap mendukung langkah FPRB, bahkan di Hotel saat ini sebenarnya sudah siap dengan sarana dan prasana pendukung untuk panen air hujan.

 

Dari pada kemudian untuk membeli air tangki bengit banyak, dimusim hujan dapat memafaatkan air hujan untuk operasional perhotelan “ kami mendukung dan ini dinilai sangat bermanfaat kedepannya bagi dunia usaha,” tegasnya.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.