Notification

×

Iklan

Iklan

Bersama Tim BNPB, Sekda Pimpin Rakor Pemantapan Kesiagaan dan Penanganan Pasca Banjir

| Senin, Maret 06, 2023 WIB Last Updated 2023-03-06T13:37:00Z
Rakor kebencanaan 
Kota Bima -Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Senin malam (6/3/2023) melaksanakan rakor pemantapan kesiap Siagaan hadapi bencana dan penanganan pasca banjir.


Rakor digelar di kantor BPBD Kota Bima itu dipimpin Sekda Kota Bima, Drs H Muhtar Landa di dampingi Tim BNPB RI, Kepala BPBD dan dihadiri seluruh OPD terkait.


Pada kesempatan itu, Perwakilan BMKG menyampaikan, bahwa potensi hujan masih akan terjadi hingga 9 Maret mendatang dan mulai menurun pada tanggal 12 Maret.


Namun karena kondisi cuaca saat ini tak menentu, bisa jadi akan terjadi hujan, karena memang saat ini sebenarnya sudah memasuki massa transisi antara musim hujan ke musim kemarau.


Sementara Sekda mengawali arahannya menyampaikan ucapan terimakasih pada jajaran BPBD dan para relawan sudah sangat tanggap terhadap penanganan banjir.


Bersyukur pula BPBD dan relawan sudah begitu cepat menyampaikan informasi banjir dengan cepat.


Didepan tim BNPB RI, sekda juga menyampaikan program penanganan bencana di Kota Bima sudah diintegrasikan secara terpusat melalui command center.


Kemudian juga informasi command center didukung melalui pembagian handphone pada seluruh RT dan RW, sehingga penanganan pasca banjir bisa terpadu dan cepat ditanggapi.


Terkait penyampaian informasi curah hujan dari BMKG, status darurat bencana akan ditetapkan hingga tanggal 12 Maret dan lebih akan dilakukan evaluasi.


Kemudian mengenai penanganan kebencanaan, sesuai arahan disampaikan tim BNPB, semua OPD terkait mulai besok hadir di posko komando yang dipusatkan di kantor BPBD.


Ini tujuannya agar semua kebutuhan penanganan bencana secepatnya bisa tertangani dengan baik. Termasuk penanganan lumpur di jalanan, walaupun sebenarnya kondisi sarana prasarana pendukung tetap kita harus bisa maksimal demi pelayanan pada masyarakat.


Kepala Subdirektorat Pemulihan Prasarana Vital, Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB, Asep Supriatna, SE MM sarankan agar ada posko komando terpusat, semua OPD terkait harus hadir di posko komando agar semua kebutuhan penanganan banjir lebih cepat dan tak dikoordinasikan melalui handphone.


Ini penting sehingga penanganan pasca banjir lebih cepat lagi, walaupun sebenarnya dari pantau kami, penanganan banjir di Kota Bima begitu cepat oleh BPBD dibantu para relawan.


Apresiasi disampaikan pada relawan bencana kota Bima begitu sigap menyampaikan informasi sebelum bencana dan sesudahnya.(JB01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.