Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Bima Terima Apresiasi Praktik Baik Pencegahan Sunting Dari BKKBN RI

| Rabu, Desember 07, 2022 WIB Last Updated 2022-12-07T01:06:46Z
Wali Kota Bima bersama sejumlah bupati Terim penerimaan apresiasi dari BKKBN RI 

Kota Bima - Usaha Pemkot Bima terus meningkat praktek baik stunting akhirnya berbuah penghargaan dari pemerintah pusat.


Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, Selasa (6/12/2022) menghadiri acara Penerimaan Apresiasi Praktik Baik pencegahan Stunting dari BKKBN RI.


Acara digelar di Hotel Shangri-La Jakarta itu dihadiri oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, Kepala BKKBN RI DR. dr. Hasto Wardoyo, Kementerian dan Lembaga, TNI, Polri, Gubernur/Bupati/Walikota.


Terdapat 2 Gubernur, 1 Walikota, dan 7 Bupati se Indonesia yang menerima Apresiasi Praktik Baik pencegahan Stunting dari BKKBN RI diantaranya, Gubernur Riau, Gubernur Sulawesi Utara, Walikota Bima, Bupati Deli Serdang, Bupati Maluku Tenggara, Bupati Bireun, Bupati Kota Waringin Barat, Bupati Sinjai, Bupati Pinrang, dan Bupati Tulang Bawang.


Sebelumnya, Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, dan Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Ellya H. M. Lutfi menerima penyematan tanda penghargaan MKK (Manggala Karya Kencana) dari Kepala BKKBN RI yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga, dilaksanakan pada 6 Juli 2022 lalu bertempat di Hotel Santika Medan.


Sementara itu, melalui acara Penerimaan Apresiasi Praktik Baik pencegahan Stunting dari BKKBN RI diberikan kepada Pemerintah Kota Bima atas kontribusi Praktik Baik dalam mewujudkan Generasi Bebas Stunting.


Upaya pencegahan serta penurunan angka stunting Kota Bima mengalami penurunan yang signifikan. Pada tahun 2017 mencapai 36,5 %, sedangkan pada tahun 2021 berhasil ditekan menjadi 17,56 %, kemudian pada tahun 2022 di bulan November ditekan menjadi 14,81 %.


Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menyampaikan, beliau berpesan agar dapat lebih merapatkan barisan dalam menjalankan program tersebut. Dengan memperkuat koordinasi dan sinergitas antar stakeholder mampu menambah semangat dan potensi keberhasilan program stunting yang dijalankan.


Adapun target Pemerintah Kota Bima terhadap penurunan angka stunting sendiri adalah 9% di Tahun 2023. Untuk saat ini Kota Bima berada pada angka 14% yang sebelumnya berada pada angka 17% hanya dalam kurun waktu 3 bulan.


Tentunya capaian ini tak serta merta membuat Pemerintah berpuas diri. Dengan menghimbau kepada Dinas Kesehatan untuk menurunkan tenaga kesehatannya di setiap kelurahan serta memberdayakan Kader Posyandu maka sosialisasi dari program tersebut akan dengan cepat tertuntaskan.


“Usahakan kita harus mendapatkan angka 9% tahun 2023 untuk penurunan angka stunting di Kota Bima," harapannya. Lanjut Wakil Kota,  harus kerja keras Dikes menurunkan tenaga kesehatan di setiap kelurahan dan kader posyandu sistem door to door dari rumah ke rumah dengan basis data yang sudah kita miliki,” pesan Wali Kota Bima.


Terakhir, beliau kembali berpesan bahwa dengan koordinasi yang kuat maka tidak ada satu program pun yang tidak mampu untuk dijalankan, khususnya pada Dinas Kesehatan yang merupakan ujung tombak dari program penurunan stunting tersebut.


“Ujung tombaknya harus Dinas Kesehatan yang memberikan untuk merubah perilaku, baik untuk gizi, sanitasi dll,” katanya.(JB06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.