Notification

×

Iklan

Iklan

BMKG Imbau Waspada Cuaca Ekstrem Wilayah Bima dan Dompu

| Jumat, Desember 23, 2022 WIB Last Updated 2022-12-23T09:57:40Z
Imbauan BMKG Bima Waspada cuaca ekstrem 

Bima -Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Bima imbau masyarakat waspada cuaca ekstrem jelang Natal dan Tahun Baru.


Melalui press riliesnya, Jum'at (23/12022) perwakilan BMKG Bima, Suci Ainun menjelaskan, bahwa Wilayah Bima dan Dompu saat ini berada pada periode puncak musim hujan, kondisi dinamika atmosfer  masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan potensi cuaca ekstrem untuk beberapa wilayah menjelang periode Natal dan Tahun Baru 2023.



Berdasarkan analisis dinamika atmosfer, terdapat peningkatan aktifitas Monsoon Asia dan yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan. 


Terdapat Siklon Tropis Ellie di Pantai Australia Bagian Utara atau sekitar 740 km sebelah timur tenggara Kupang. Bergerak kecepatan angin maksimum 40 knots dan tekanan udara minimum sebesar 990 hPa. Akibat adanya Siklon Tropis Ellie menyebabkan adanya daerah pertemuan angin dan perlambatan angin di wilayah Pulau Nusa Tenggara, sehingga dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan serta potensi gelombang tinggi di wilayah Bima dan Dompu.


Intensitas Siklon Tropis Elliediprakirakan menurun dan bergerak ke arah Tenggara menjauhi Indonesia. Kondisi tersebut didukung oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer lainnya. Yaitu anomali suhu muka laut di wilayah perairan utara dan selatan Pulau Sumbawa menunjukan anomali positif atau lebih panas +1.0 s/d 2.0°C, sehingga suplai uap air akan semakin banyak di atmosfer. 


Prediksi anomali Out Going Longwave Radiation (OLR) secara spasial pada tanggal 24 Desember 2022 sampai dengan 01 Januari 2023 menunjukkan nilai negatif, hal tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan di wilayah Pulau Sumbawa. 


Ditambah kelembaban udara di wilayah Bima dan Dompu terpantau dalam kondisi basah hingga lapisan 500 hPa. Kondisi tersebut mempengaruhi pembentukan awan – awan Cumulonimbus yang semakin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, putting beliung, dan hujan es.


Beberapa wilayah yang patut di waspadai memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi, yaitu genangan, banjir, banjir bandang, angin kencang, putting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk periode 23 Desember 2022 – 01 Januari 2023.


Untuk wilayah Kabupaten Bima terjadi di Tambora, Ambalawi, Bolo, Donggo, Madapangga, Parado, Sanggar, Soromandi, Wawo, Woha2. 


Kabupaten Dompu di wilayah Pekat, Dompu, Huu, Kilo, Pajo, Woja3. Sementara di Kota Bima terjadi Mpunda, Raba, Rasanae Timur.


Sementara Potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Bima dan Dompu tanggal 23 Desember – 28 Desember 2022, yaitu di Perairan Selatan Bima tinggi gelombang laut berkisar 2.5 – 4.0 meter.


Samudera Hindia Selatan NTB tinggi gelombang laut berkisar 4.0 – 6.0 meter. Adanya fenomena Bulan Baru pada tanggal 23 Desember 2022 dan Perigee atau Jarak terdekat bulan ke bumi pada tanggal 24 Desember 2022 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. 


Keadaan tersebut berpotensi menyebabkan banjir ROB di sekitar Pelabuhan dan pesisir wilayah Bima dan Dompu. Wilayah yang berpotensi terdampak yaitu  di Pelabuhan Bima pada 22 – 26 Desember 2022 pukul 20:00 – 01:00 WITA.


Pesisir Palibelo pada tanggal 2 – 26 Desember 2022 pukul 20:00 – 01:00 WITA. Bandara Bima pada tanggal  22 – 26 Desember 2022 pukul 20:00 – 01:00 WITA.


Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi lebih dari 2 meter dan berpotensi terjadi Banjir ROB agar tetap selalu waspada. 


Masyarakat juga dihimbau untuk selalu waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi dan selalu memantau informasi peringatan dini cuaca ekstrem dan peringatan dini dampak curah hujan tinggi (peringatan dini untuk wilayah yang berpotensi banjir) melalui media sosial (Facebook: BMKG BIMA dan instgaram: @bmkg_bima), telepon 24 jam (0374) 42315 dan WhatsApp : +6282340448422.(JB06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.