Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa SMAN 2 Antusias Dengarkan Sosialisasi Kepemiluan dari KPUD kota Bima

| Rabu, Mei 18, 2022 WIB Last Updated 2022-05-18T04:38:13Z
Sosialisasi KPU Kota Bima di SMAN 2

Kota Bima, JangkaBima.com.-

Siswa-Siswi SMAN 2 Kota Bima terlihat begitu antusias mendengarkan pemaparan materi tentang kepemiluan, yang disampaikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima Yety Safriati, S.Sos Selasa (17/5/2022). 


Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMAN 2 Kota Bima tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Sosialisasi Pemilu Dalam Rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “ Suara Demokrasi”. 


Kepala SMAN 2 Kota Bima, H. Eddy Salkam, S.Pd dalam sambutannya menjelaskan,  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.  


Melalui kegiatan sosialisasi kepemiluan oleh KPUD kota Bima hari ini diharapkan pada peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. 


Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.

“Hari ini siswa siswi akan menerima materi dari Komisi Pemilihan Umum Kota Bima tentang Demokrasi dan Pemilu, ini akan menjadi modal kita ke depan, satu diantaranya akan kita terapkan dalam pelaksanaan Pemilihan Osis,” tuturnya. 


Sebelum mulai menyampaikan materinya, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati, S.Sos  memperkenalkan diri dihadapan siswa dan siswi SMAN 2 Kota Bima, yang merupakan peserta sosialisasi. Pada kesempatan itu, Yety juga mengutarakan harapannya, agar setelah kegiatan sosialisasi itu, kegiatan berikutnya bisa dilanjutkan dengan kunjungan balasan ke Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Bima. 


“Hari ini ilmunya akan kami berikan, untuk prakteknya, nanti silahkan berkunjung ke RPP Lawata KPU Kota Bima. Di sana ada ruang Simulasi TPS, dan kita bisa mempraktekkan di sana bagaimana proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS itu berlangsung,” jelas Yety. 

Siswa SMAN 2 hadiri sosialisasi KPUD kota Bima

Pada kesempatan itu, Yety membawakan materi “Anak Muda Cerdas Berdemokrasi” dan Diawal pemaparannya, Yety membuka wawasan para siswa siswi tentang Sejarah Demokrasi dan Sejarah Pemilu di Indonesia. 


Kemudian dilanjutkan dengan fungsi dan manfaat Pemilu, asas dan prinsip Pemilu, hubungan antara Demokrasi dan Pemilu, pentingnya Demokrasi dan Pemilu serta bentuk Partisipasi Anak Muda yang diharapakan dalam setiap tahapan Penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilihan. 


Untuk mengetahui sejauh mana peserta sosialisasi menyimak dan menangkap materi yang disampaikan, Yety memberikan beberapa pertanyaan untuk peserta sosialisasi. Bagi peserta yang mampu menjawab dengan benar, diberikan hadiah berupa coklet. Hal tersebut membuat peserta sosialisasi terlihat begitu antusias mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang diberikan. 


Diakhir kegiatan sosialisasi tersebut, Yety mengingatkan peserta sosialisasi untuk ikut membantu penyelenggara Pemilu dengan meneruskan informasi yang diperoleh ke sahabat maupun keluarga di rumah.(JB06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.