Notification

×

Iklan

Iklan

Plt Sekda NTB Buka Lomba TTG Tingkat Provinsi di Kota Bima

| Rabu, Maret 06, 2024 WIB Last Updated 2024-03-06T13:13:15Z

Plt Sekda Kota Bima saat buka Lomba TTG
Kota Bima, JB.- Plt Sekda Provinsi NTB, Ibnu Salim, Rabu (6/3/2024) membuka secara resmi kegiatan lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi NTB ke XIX di Gedung Serba Guna Kota Bima.

 

Pada lomba TTG Tahun 2024 ini, Pemerintah Kota (pemkot) Bima dipercaya menjadi tuan rumah, sejumlah teknologi hasil karya dari seluruh Kota dan Kabupaten di NTB ditampilkan.

 

Turut hadir Asisten I Setda Kota Bima, Alwi Yasin mewakili Pj Wali Kota Bima, Bupati Bima dan perwakilan bupati dan Wali Kota seluruh NTB. perwakilan perguruan tinggi dan sekolah menengah.

 

Ketua Panitia, Lalu Ahmad Nuraulia mengawali laporannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi pada tuan rumah sudah membantu dalam pelaksanaan TTG ke XIX dan daerah lain yang sudah turut berpartisipasi.

 

Tema TTG tahun ini “teknologi tepat guna guna menuju NTB hijau” menggambarkan semangat kita semua mengembangkan ide dan inovasi yang optimalisasi melalui teknologi berbasis lokal dan pemberdayaan  masyarakat serta berbasis lingkungan.

 

Kita juga dibantu BUMN dan BUMD menggelar ada bazar UMKM dan kebetulan juga ada lomba karaoke pejuang inovasi dan lomba stand terbaik dan ekspos dan TTG.

 

Untuk lomba TTG tahun ini, diikuti oleh para inovator seluruh NTB dan dibagi tiga kategori, TTG unggulan 16 inovasi dan inovasi TTG ada 17 inovasi serta posyantek 4. diharapkan inventor termotivasi dan terus hasilkan prodak TTG siap terap dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat

 

" Hasil juara TTG provinsi kali ini akan kita bawa ke TTG nasional pada tahun 2024 yang insyaallah NTB jadi tuan rumah pada bulan juni mendatang," ungkapnya.

 

Mewakili Pj Wali Kota Bima, Asisten I Setda, Alwi Yasin menyampaikan ucapan terimakasih pada PJ Gubernur sudah percaya pada Kota Bima jadi tuan rumah TTG Tahun 2024.

 

Secara filosofi, TTG itulah rohnya responsif kita terhadap perkembangan tekhnologi serba modern saat ini. Harus berbasis kearifan lokal, sehingga akhirnya nanti kita dapatkan inovasi tak pernah berhenti.

 

Lahirlah kreatifitas sehingga menimbulkan kemudahan bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat secara luas. Namun tentunya yang ramah lingkungan.

 

Plt Sekda NTB saat melihat inovasi di stand kota bima 
Sementara Plt Sekda NTB, Ibnu Salim dalam sambutannya menyampaikan, bahwa program lomba TTG diadakan rutin  setiap tahunnya, mulai dari tingkat Kota dan Kabupaten, Provinsi.

 

Tentunya melalui lomba TTG ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pada penemu inovasi tepat guna di daerah yang berhasil menciptakan berbagai teknologi sederhana yang kedepannya diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.


Lomba TTG ini juga jelas Ibnu Salim, juga bentuk dorongan pemerintah pada para penemu inovasi untuk tak patah semangat terus memberikan kontribusi menciptakan karya teknologi-teknologi yang berguna kedepannya.


“ harapan kita semua melalui lomba TTG ini dapat mendorong terciptanya tekhnologi-tekhnologi bermanfaat dan tepat guna bagi kehidupan masyarakat kedepannya,” harap Ibnu.

 

Tentunya tambah Ibnu, hasil dari lomba TTG juga dapat membuat harum nama daerah ditingkat nasional nantinya, serta dirinya berjanji akan mengupayakan agar setiap hasil karya dilombakan dapat ditetapkan sebagai hak kekayaan intelektual atau hak paten.

 

Selanjutnya, untuk lomba TTG tingkat Provinsi NTB kata Ibnu, tidak lagi di laksanakan atau dipusatkan satu tempat, tetapi akan digilir di setiap Kota dan Kabupaten di NTB.

 

Menutup sambutannya, dirinya ucapkan selamat bekerja pada para dewan juri, semoga inovasi yang akan mewakili NTB di tingkat nasional nanti bisa menjadi terbaik.(red)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.