Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Kota Bima Mulai Terserang DBD

| Sabtu, Januari 20, 2024 WIB Last Updated 2024-01-20T11:17:51Z

ilustrasi 
Kota Bima, JB.- warga Kota Bima saat ini mulai terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan sudah dinyatakan positif oleh Dinas Kesehatan (dikes). 


Keduanya warga Kelurahan Nae dan Pane, Kecamatan Rasanae Barat. Untuk informasi bahwa penyakit DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis Aedes Aegypti yang bila tak mendapatkan perawat baik maka akan berakibat fatal.

 

Kepala Dikes Kota Bima melalui Kabid P2PL, Fitriani mengatakan, untuk sampai hari ini memang sudah dua orang yang dinyatakan positif DBD.

 

Kasus pertama dialami oleh balita Mbz usia 2,5 tahun warga Kelurahan Na'e, sempat dirawat di RSUD Kota Bima namun sudah dinyatakan sembuh.

 

Sementara MF usia 15 tahun asal Kelurahan Pane saat ini masih jalani perawatan di Rs dr Agung “ kami imbau pada seluruh masyarakat untuk jaga kebersihan lingkungan masing-masing,” ujar Fitriani.

 

Dengan cara membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat terutama membiasakan diri untuk menggiatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan gerakan 3 M Plus, yaitu menguras, menutup, dan mengubur. 

 

Menguras tempat penampungan air secara teratur untuk memusnahkan jentik-jentik nyamuk. Kemudian menutup tempat penampungan air bersih karena nyamuk Aedes aegypti suka bertelur di genangan air bersih.

 

Paling utama adalah jangan biarkan sampah botol plastik atau kaleng atau wadah mudah menyimpan air, karena akan menjadi tempat nyamuk berkembang biak, sebaiknya segeralah menguburnya.(red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.