Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Wali Kota Bima Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

| Senin, Januari 08, 2024 WIB Last Updated 2024-01-08T10:36:51Z
Pj Wali Kota Bima saat hadiri Rakor 

Kota Bima, JB.- Senin (8/1/2024), Pj Wali Kota Bima,  HM Rum, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara daring.

 

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Bima, Dandim 1608,  Inspektur, Kepala Bappeda, Kadis Koperindag, Kadis Perhubungan, Kadis PUPR, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis Ketahan Pangan, Kadis Tenaga Kerja, dan Kabag Ekonomi.

 

Rakor pengendalian inflasi daerah merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap minggu dalam rangka untuk memantau Indeks Perkembangan Harga tahun 2024.

 

Dalam kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri (mendagri) RI, Tito Karnavian, menyampaikan bahwa rakor tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas harga pangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang seimbang.

 

“saat ini tingkat inflasi kita di Negara ASEAN menempati peringkat ke 4 dari 11 Negara yaitu di angka 2,61%”. Ucapnya

 

Tak hanya itu, Mendagri terus menghimbau agar memberikan atensi khusus serta membuat kebijakan bagi daerah yang pertumbuhan ekonominya rendah. 

 

Sementara dari segi laju inflasi, Indonesia menempati peringkat ke 52 dari 186 negera di dunia. Akan tetapi, Inflasi Indonesia menepati peringkat ke 7 dari 24 negara G20.

 

"Inflasi kita relatif terjaga dengan baik, diharapkan untuk terus mengupayakan langkah-langkah terbaik untuk terus menekan angka inflasi", harap Tito Karnavian.

 

Kepala BPS Pusat, Amalia Adininggar Widyasanti,  menyampaikan bahwa Secara nasional, jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan Indeks Perkembangan Harga turun sebesar 37% poin.


Sementara  wilayah dengan  persentase penurunan IPH terbesar secara berturut-turut adalah Pulau Jawa turun 56% poin, Luar Pulau Jawa dan Sumatera turun 35 persen poin serta Pulau Sumatera turun 32 persen poin.


Saat ini terdapat tiga komoditas yang mengalami kenaikan harga di paling banyak kabupaten dan Kota yaitu bawang merah, bawang putih dan daging ayam ras. Selain itu, cabai merah adalah komoditas yang fluktuasi harganya cukup signifikan selama Januari 2024. Fluktuasi harga komoditas tersebut terjadi di 96 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.(red)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.