Notification

×

Iklan

Iklan

Kesimpulan Rakor, Pembangunan Kampus IAIN Bima Tunggu Perpres

| Senin, Desember 25, 2023 WIB Last Updated 2023-12-25T12:16:52Z
Ilustrasi 

Kota Bima, JB.- Kesimpulan rapat koordinasi (Rakor) rencana pembangunan kampus IAIN Bima di mataram pekan lalu. salah satunya, bahwa rencana pembangunan fisik kampus masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres).

 

Termasuk kapan waktu kepastian pendirian Kampus IAIN Bima yang direncanakan akan dimulai pada tahun 2024, proses hibah lahan dari Pemkot Bima kepada Kemenag RI akan dilaksanakan pada tanggal 28 atau 29 Desember 2023 , dan operasionalisasi kampus akan dimulai pada bulan Januari 2024.

 

Menyikapi keputusan rapat tersebut,  Komite meminta pendekatan teknokratik untuk mewujudkan berdirinya Kampus IAIN Bima.

 

Sementara perwakilan Kemenag RI, Prof Syarif, menyatakan dukungan atas hadirnya IAIN Bima sebagai prioritas, meskipun masih terdapat  kendala teknis dan administrasi yang harus segera disikapi oleh Pemkot Bima dan Komite IAIN Bima.

 

Beliau menegaskan bahwa jika kendala tersebut dapat segera diatasi dan diwujudkan dalam bentuk berdiri dan beroperasinya kampus IAIN Bima, maka pemerintah pusat melalui Kemenag dan pihak terkait lainnya akan memfasilitasi dan  mendukung agar IAIN Bima dalam dua tahun dapat menjadi UIN Bima.

 

Berbicara tentang berbagai kendala yang menjadi salah satu fokus pembahasan dalam rapat tersebut, Prof Ismail selaku anggota Komite Pendirian IAIN Bima, menyoroti tanggapan negatif dari beberapa pihak atas hadirnya IAIN di Kota Bima.

 

Komunikasi proaktif dengan semua pihak termasuk masyarakat dan kampus swasta eksisting diharapkan dapat mengatasi permasalahan ini.

 

Rakor digelar di Kota Mataram pekan lalu itu dihadiri Komite Pembentukan IAIN Bima serta Dewan Pembina, Pj Wali Kota Bima, HM Rum saat itu juga turun didampingi kepala Inspektorat, Kepala BPKAD dan perwakilan dari Kementerian Agama RI.

 

Untuk informasi, pada media ini, Ketua DPRD kota Bima, Alvian Indrawirawan mengungkap bahwa di tahun 2024 tak dialokasikan anggaran untuk pembentukan dan pembangunan IAIN Bima. Sehingga rencana pembangunan IAIN sedikit tidak akan terhambat.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.