Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD Ingatkan Pj Wali Kota Soal Air Bersih dan Target PAD

| Senin, November 13, 2023 WIB Last Updated 2023-11-13T11:48:30Z

Pj Wali Kota Bima saat hadiri paripurna 
Kota Bima, JB.-

Saat rapat paripurna, sejumlah anggota DPRD Kota Bima memberikan masukan pada Pj Wali Kota Bima tentang berbagai persoalan harus menjadi atensinya di tahun 2024.


Diantaranya penanganan kebutuhan air bersih, target Pendapatan Asli Daerah (PAD), Realisasi Belanja, Penghijauan dan persoalan ternak liar.

 

Duta PAN, Syamsuddin menyorot soal minimnya capaian target PAD, untuk itu perlu ada evaluasi menyeluruh sehingga antara proyeksi target capaian PAD tertuang dalam pembahasan APBD tak terlalu jauh dari realiasinya di tahun anggaran berjalan.

 

Ini fakta, karena setiap tahun target dan capaian PAD sepertinya jalan ditempat, padahal banyak sekali potensi PAD yang belum maksimal di garap. Belum lagi masalah kebocoran PAD, ini juga harus menjadi kerja Pj Wali Kota.

 

sementara Duta Hanura, Amirudin menyampaikan masalah krisis air bersih yang tak pernah tuntas, di tahun ini saja tercatat 13 kelurahan alami krisis air bersih. ini harus menjadi catatan penting bagi Pj Wali Kota untuk diselesaikan di tahun 2024.


selama ini, masyarkat di bagian barat lebih banyak menghabikan uang hasil pencahariannya untuk membeli air bersih, sangat ironis bagi mereka, sementara pemerintah sampai saat ini belum mampu menuntaskannya.


ternak liar, selama ini belum tertangani secara maksimal, hanya menangkap ternak berkeliaran, tetapi tempat penyimpanan tidak tersedia.

 

Menurutnya, inilah menjadi kendala selama ini, sehingga masalah ternak liar di Kota Bima tak kunjung selesai. Untuk itu dirinya mendorong Pj Wali Kota Bima untuk memberikan solusi agar kedepan persoalan ternak liar dapat dituntaskan.

 

Termasuk masalah hutan, yang menurut Amirudin menjadi penyebab terjadinya banjir, penghijauan harus lebih digalakan lagi.

 

Ini menyangkut bagaimana kita semua dapat menjaga sumber mata air menjadi kebutuhan dasar tetap terjaga untuk generasi kedepannya. Apalagi berdasarkan data BPBD, tahun ini sudah 13 kelurahan alami krisis air bersih.


Duta PAN lainnya, Yogi Prima Ramadhan menyorot soal minimnya realisasi belanja di Dikbud, untuk itu meminta pada PJ Wali Kota segera memberikan teguran.

 

Terlebih waktunya sudah sangat singkat dan ini harus menjadi atensi kepala daerah untuk menuntaskannya.(red)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.