Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Kota Bima dan FPRB Gelar Rapat Persiapan Apel Siaga Hadapi Bencana Alam Tahun 2023

| Senin, November 27, 2023 WIB Last Updated 2023-11-27T07:08:23Z
Rapat persiapan apel siaga bencana dipimpin Asisten I
Kota Bima, JB.-

BPBD Kota Bima didukung FPRB Mbojo Matenggo menggelar rapat persiapan apel siaga sekaligus simulasi untuk mengahadapi bencana alam tahun 2023.


Rapat digelar di aula kantor BPBD Kota Bima, Senin (27/11/2023) dipimpin Asisten I Setda Kota Bima, Alwi Yasin turut didampingi Kepala BPBD, Gufran, Sekretaris BPBD, Pujawan Proklamasiansyah dan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Taufikurrahman 


Hadir undangan sejumlah instansi pemerintah terkait, TNI, Polri, Basarnas, BMKG, PLN, Sat Pol PP dan ketua harian FPRB Mbojo Matenggo serta  dari sejumlah  relawan kebencanaan.


Kepala BPBD Kota Bima, Gufran melaporkan, bahwa kota bima menjadi daerah paling rawan bencana banjir, 2016 paling besar dikepung dari berbagai arah.


Penyebabnya, Karena Kota Bima dikelilingi 60 persen perbukitan, dan di wilayah hulu banyak hutan dibabat karena masifnya perladangan. Sehingga Kota Bima selalu menerima imbasnya dan rentan alami bencana banjir.


Tujuan apel siaga sebagai upaya kita semua akan kesiapan siagaan setiap hadapi bencana alam, terutama banjir. Apalagi sekarang menjelang masuki musim penghujan.


" Nanti saat terjadi musibah bencana seluruh tim sudah siap dan mengetahui tugas masing-masing di situasi darurat," harap Gufran.


Asisten I, Alwi Yasin membuka rapat menyampaikan, berbicara apel kesiap siagaan, kita butuh komitmen bersama, sehingga saat terjadi musibah bencana semua pihak terlibat didalamnya tahu apa yang harus dilakukan.


Sehingga di setiap penanganannya dapat berjalan sesuai harapan dan korban imbas dari bencana dapat diminimalisir.


" Harus kita dapatkan informasi dari apel kesiap siagaan bencana besok,  apa harus dilakukan dan siapa berbuat apa, termasuk dukungan anggaran," Ujar Alwi Yasin.


Harapannya, pelaksanaan apel siaga bencana nantinya dapat terlaksana dengan sukses termasuk saat terjadinya musibah bencana dapat diaplikasi dengan maksimal.


Kabid Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Taufikurrahman dalam penjelasannya, 

Rencana apel siaga bencana akan dilaksanakan depan halaman kantor Pemkot pada hari Kamis 30 Nopember dan simulasi di halaman eks kantor bupati bima.


Namun sehari sebelumnya juga dilaksanakan gladi persiapan oleh seluruh peserta untuk kesuksesan pelaksanaannya.


Jumlah peserta akan ikuti apel dilaporkan berjumlah kurang lebih 1000 orang, terdiri dari instansi terkait pun relawan.(red)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.