Notification

×

Iklan

Iklan

Poltekes Kemenkes Mataram Bersama BPBD, SAR dan Relawan Gelar Simulasi Bencana Banjir

| Kamis, Mei 18, 2023 WIB Last Updated 2023-05-18T09:35:50Z
Saat simulasi penanganan korban bencana banjir
Kota Bima - Mahasiswa Poltekes Kemenkes Mataram bersama BPBD Kota Bima, Pos SAR Bima, TSBK, FTSB dan PPNI Kamis (18/5/2023) sore menggelar kegiatan simulasi penanganan bencana banjir di Kelurahan Paruga dan Dara Kota Bima.

 

Kegiatan dipusatkan di bantaran sungai antara Kelurahan Paruga dan Dara itu merupakan bagian dari  Praktek Gadar Bencana Lanjutan Profesi NERS mahasiswa Poltekes.

 

Pemusatan kegiatan simulasi dilaksanakan di wilayah Kelurahan Dara dan Paruga Kota Bima, selama ini kerap menjadi langganan banjir.

 

Skenario simulasi bencana dilakukan layaknya sebuah bencana yang sedang terjadi. mulai dari skenario penanganan korban, penyelamatan korban luka-luka pun evaluasi warga terjebak banjir.

 

Termasuk skenario pengerahan tim reaksi cepat (TRC) didampingi Pos SAR Bima, dilanjutkan gerak cepat pembangunan tenda kesehatan untuk penanganan korban  dan dapur darurat.

 

 

Kepala BPBD Kota Bima melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Taufikurrahman ST MT menyampaikan, kegiatan simulasi bencana banjir hari ini merupakan bagian dari kerjsama lintas sektor untuk program profesi NERS mahasiswa dari Poltekes Kemenkes Mataram, 

 

Berdasarkan proposal diajukan, sejumlah mahasiswa diwajibkan menyusun dokumen rencana kontijensi banjir lokusnya di kelurahan Paruga.

 

“ simulasi hari ini bagian dari dokumen rencana kontijensi ,” ujar Taufikurrahman.

 

Personil terlibat skenario penanganan bencana banjir
Pada kesempatan itu, pihaknya pun tak lupa sampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Pos SAR Bima, FTSB, TSBK paruga dan Dara,  PPNI dan mahasiswa Poltekes Mataram D3 Bima.


Tanda dukungan dari seluruh relawan dan teman-teman Pos Bima, PPNI tentunya kegiatan simulasi hari ini tak bisa berjalan dengan sukses.

 

Tambah Taufikurahman,tujuan lain kegiatan simulasi hari ini adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas mahasiswa dan relawan khususnya di kelurahan paruga dan Dara dalam menghadapi bencana banjir.

 

Harapannya pun kegiatan simulasi seperti ini, bisa dilaksanakan intens dan berkelanjutan dengan keterlibatan multi sektor, sehingga kapasitas dan kemampuan BPBD dan relawan penanggulangan bencana meningkat dalam kesiapsigaan menghadapi kebencanaan.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.