Notification

×

Iklan

Iklan

BNPB RI Apresiasi Kerja Relawan Bencana Kota Bima

| Senin, Maret 06, 2023 WIB Last Updated 2023-03-06T05:50:44Z
Asep Supriatna,Kepala Subdirektorat Pemulihan Prasarana Vital, Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB(kiri), didampingi Kabid Pencegahan BPBD Kota Bima, Taufikurrahman
Kota Bima
-Siang malam bantu warga terdampak bencana banjir, Tim BNPB RI yang saat ini berada di Kota Bima memberikan apresiasi sangat besar pada seluruh relawan kebencanaan di Kota Bima dan BPBD, TSBK, FPRB, FTSB dan PTTB.

Kepala Subdirektorat Pemulihan Prasarana Vital, Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB, Asep Supriatna, SE MM menyampaikan, Selama berada di Kota Bima selain melihat musibah banjir terjadi juga bertemu dengan para relawan kebencanaan.


" kami apresiasi atas Kerja keras para relawan bantu bencana terjadi," ungkap Asep didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPB Kota Bima, Taufikurrahman, Senin (6/3/2023).


Didampingi teman teman dan BPBD Kota Bima juga melihat langsung kerja para relawan dilapangan saat bencana banjir terjadi di sejumlah kelurahan. Termasuk mendengarkan informasi penanganan bencana pada bulan Pebruari lalu.


" Kami mendapat beberapa informasi yang penting menjadi pembelajaran bagi daerah lain yang ingin bentuk forum relawan," terangnya.


Jelas Asep, Beberapa informasi kami terima tentang kerja relawan bencana di Kota Bima bisa menjadi acuan bagi daerah lain untuk membentuk relawan bencana.


Hanya saja saran kami, perlu dibuatkan film dokumenter, sehingga nantinya bisa jadi informasi penting bagi daerah lain jika ingi membentuk tim relawan yang siap dan tangguh seperti di Kota Bima saat ini.


" Kami sangat apresiasi cara kerja tim relawan, bahkan diluar bencana juga turut ikut dalam kegiatan gotong royong, seperti di kelurahan Panggi kemarin," pungkasnya. 


Dari pantauan kami kata Asep, kerja cepat pemerintah dan relawan ternyata juga didukung melalui grup informasi kebencanaan sangat cepat dari para relawan, sehingga warga begitu cepat mendapatkan informasi tentang bencana " kami pantau di grup WA begitu aktif informasi pra dan saat bencana terjadi," ujar Asep.


Terlebih dari informasi kami dapat, walaupun tak dibayar dengan  semangat tinggi bantu BPBD dan Pemkot dalam setiap penanganan bencana, baik tahap pra maupun saat penanganan langsung saat banjir terjadi.


Begitu saat bertugas, selalu intens berkoordinasi dengan seluruh unsur, Babinsa, Babinkamtibmas bersama dilapangkan saat menjalani tugas.


" Siang malam relawan tetap bekerja membantu warga terdampak, selain turun langsung di lapangan, pun terlibat didapur umum," ungkapnya.


Kami harapkan semangat teman-teman relawan tetap dijaga, pemerintah daerah kedepan juga diharapkan bisa memberikan pelatihan yang lebih  khusus lagi, sehingga para relawan  bisa memiliki keahlian khusus.(JB01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.