Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Buka Pameran History Kesultanan Bima di Museum Asi Mbojo

| Jumat, Oktober 01, 2021 WIB Last Updated 2021-10-01T09:04:11Z

 

Bupati Bima saat menandatangani Prasasti "Monumen kasipahu"


Bima, JB.-

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE didampingi para Asisten dan Kepala Perangkat Daerah serta kepala museum Asi Mbojo, Jumat (1/10) menandai pembukaan Pameran Museum 2021 yang mengambil tema "Mbojo Mantoi, Jejak Peradaban Bima".

               

Pameran tersebut menampilkan berbagai warisan budaya Bima tempo dulu di bidang arsitektur, ornamen dan kumpulan naskah kuno, teknologi tradisional dengan etnografi penyajian pameran juga dalam bentuk poster tentang warisan kebudayaan Bima.


Pameran yang digelar di dalam areal Museum Asi Mbojo rencananya akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 1 sampai 3 Oktober 2021.

             

Pada Kesempatan tersebut, Bupati Bima juga menandatangani prasasti  "Monumen Kasipahu" yang menandai pembubaran Angkatan laut (Pabise) Kesultanan Bima pada masa pemerintahan Sultan Abdullah  1854-1868. 

 

Juga Prasasti Monumen Temba Ompu Toi (pejabat urusan dalam istana) yang berlokasi di di sisi selatan Istana Kesultanan Bima. Temba Ompu Toi dibuat pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Salahuddin 1915-1951.(JB06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.