Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Kota Bima Sosialisasi Edukasi dan Upaya Mitigasi Bencana pada Relawan

| Kamis, Juli 04, 2024 WIB Last Updated 2024-07-04T07:00:57Z
Sosialisasi mitigasi bencana
Kota Bima, JB.- Tingkatkan pengetahuan relawan tentang penanganan bencana, BPBD Kota Bima, Kamis (4/7/2024) gelar sosialisasi, edukasi dan upaya mitigasi bencana.


Kegiatan digelar di aula kantor setempat, Kepala BPBD diwakili Analis Bencana, Imawan Muslimin dan  dihadiri seluruh relawan  Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK).


Kepala BPBD Kota Bima melalui Analis Bencana, Imawan Muslimin menyampaikan, edukasi mitigasi bencana tidak hanya berupa penyampaian informasi dan penguatan kognisi warga masyarakat tentang pentingnya mengenali potensi ancaman terjadinya bencana alam, tetapi juga peneguhan sikap dan Langkah strategis yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.


Walaupun informasi ini sudah sering kita sampaikan, tentunya evaluasi-evaluasi perlu terus kita lakukan dalam rangka memaksimalkan penanganan pra dan sesudah bencana dan dampaknya.


Termasuk pemberian edukasi pada masyarakat tentang mitigasi bencana dan penanganan bantuan kebencanaan.


Edukasi bencana merupakan investasi penting bagi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, masyarakat dapat mengurangi risiko, mengelola dampak, dan pulih lebih cepat setelah bencana.


Pada kesempatan itu juga dirinya mewakili Kepala BPBD sampaikan Apresiasi pada seluruh hadirin dari relawan hari ini sudah menyempatkan waktunya terus belajar tentang mitigasi bencana.


Hanya saja, pertemuan hari ini juga kita lebih pada diskusi tentang kondisi di lapangan dihadapi relawan.


Penukaran informasi dan sharing urusan kebencanaan di lapangan, apa kendala dihadapi sehingga bisa menjadi bahan evaluasi kedepannya.


Hanya saja, untuk informasi awal, kendalanya informasi awal bencana. Kalau lambat masuk informasi, kita terkendala sampaikan status informasi kebencanaan.


Untuk itu harapkan, kalau ada bencana bisa segera dilaporkan, terutama lokasi kejadian. Sehingga penyaluran bantuan juga lebih cepat dan tepat disalurkan.


Pesannya, jangan pernah capek untuk sampaikan edukasi pada masyarakat tentang kebencanaan, termasuk juga bisa kolaborasi bersama dengan pihak sekolah di masing-masing kelurahan.


Ini penting juga untuk kedepan, sehingga anak-anak sejak dini memiliki pengetahuan tambahan tentang mitigasi bencana.(Red)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.