Notification

×

Iklan

Iklan

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Bima sekitarnya

| Senin, Maret 11, 2024 WIB Last Updated 2024-03-11T07:27:46Z

ilustrasi
Kota Bima, JB.-

Senin (11/3/2024), BMKG Bima mengeluarkan informasi perkembangan kondisi cuaca terkini di Wilayah Indonesia, termasuk ketinggian gelombang di wilayah Pulau Sumbawa dan Bima sekitarnya.

 

Kepala Stasiun Meteorologi Bima, Moch Syaiful Annas menyampaikan,  hasil memonitor BMKG atas perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan signifikansi dinamika atmosfer yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan disejumlah wilayah di Indonesia. termasuk di Bima dan Dompu.

 

informasi untuk potensi gelombang tinggi di wilayah perairan NTB pada tanggal 10 sampai dengan 16 Maret 2024 yaitu, kategori tinggi gelombang sedang 1.25 – 2.5 m di selat Lombok bagian utara, selat Alas bagian utara, perairan utara Sumbawa, dan selat Sape bagian utara.

 

Kategori tinggi gelombang tinggi 2.5 – 4.0 meter di selat Lombok bagian selatan, selat Alas bagian selatan, dan selat Sape bagian selatan.  Kategori tinggi gelombang sangat tinggi 4.0 – 6.0 meter di Samudera Hindia selatan NTB.

 

Sementara potensi cuaca berdasarkan kondisi terkini, BMKG memprakirakan potensi curah hujan tinggi dan perlu diwaspadai di Wilayah Bima dan Dompu. untuk kabupaten Bima seperti di wilayah Tambora, Sanggar, Soromandi, Donggo, Bolo, Parado, Madapangga, Monta, Langgudu, Lambu, Wawo, Woha dan Sape.


Kabupaten Dompu, Pekat, Kempo, Manggelewa, Woja, Hu"u dan Dompu. sementara di Kota Bima, menyeluruh diseluruh Kecamatan.

 

BMKG juga merekomendasikan, pihak-pihak terkait diharapkan melakukan persiapan antara lain, memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

 

Menggencarkan sosialisasi, edukasi, dan literasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat serta pihak terkait dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana hidrometeorologi, berupa banjir, longsor, pohon tumbang, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi.

 

Untuk informaasi, minggu (10/3/2024) sejumlah pengunjung pantai Sori Nehe, Kota Bima sedang mandi sempat terombang ambing akibat gelombang tinggi, hingga kemudian berhasil diselamatkan oleh nelayan dan warga.(red)

1 komentar:

  1. Korban banjir kel.pane jln.datuk dibanta Selatan gk terjangkau oleh petugas yg kontrol pemkot banjir meluap masuk dari rt 05 06 trus masuk ke rt 03 mengenang rumah warga.

    BalasHapus



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.