Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkot Bima Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan, Sejumlah Kelurahan Mulai Bersolek

| Kamis, Maret 02, 2023 WIB Last Updated 2023-03-02T03:05:57Z
Kabid pengelolaan sampah limbah B3 (pSLB3), DLH Kota Bima, Adriansyah MAp
Kota Bima -Tumbuhkan kembali kesadaran akan kebersihan lingkungan, Pemkot Bima melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan lomba kebersihan dan penataan lingkungan tingkat Kelurahan se-Kota Bima.


Lomba tahun ini mengangkat tema " Katedi karaso kampo, mai ta karaso dana Ra rasa loa ku ra ntika ntanda Ra eda " artianya, bersihkan lingkungan, mari kita bersihkan lingkungan supaya indah di pandang.


Pantauan media ini, diantara Kelurahan mulai dan sudah mempersiapkan diri, yaitu Kelurahan Rabangodu Selatan, sepanjang jalan dan gang pemukiman sudah terlihat bersih pun penuh dengan hiasan memperindah.


Kepala DLH Kota Bima melalui Kabid pengelolaan sampah limbah B3 (pSLB3), Adriansyah MAp mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan kesadaran seluruh pihak akan pentingnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup bagi keberlangsungan hidup.


Menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, sehat, layak dan nyaman,  meningkatkan kreatifitas masyarakat melalui kegiatan kebersihan dan penataan.


 Jelas Ade sapaan akrabnya, sasaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah untuk memotivasi warga agar selalu menjaga dan melestarikan lingkungan hidupnya.


Untuk jadwal pelaksanaannya,  seleksi dan penilaian mulai 13 sampai 17 Maret mendatang.


" melalui kegiatan lomba ini, pemerintah optimis dapat memotivasi seluruh pihak menjaga dan melestarikan lingkungan sekitarnya," pungkas Ade.


Apa saja akan dinilai? Jelasnya, yang  akan dinilai yaitu kebersihan dan penataan lingkungan Kantor Kelurahan, permukiman penduduk, jalan lingkungan dan lainnya, baik fisik maupun non fisik.


Tambah Ade, penilaian fisik yaitu penilaian kondisi yang tampak riil. Penilaian non fisik yaitu penilaian terhadap sistem manajemen perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. contohnya, tingkat partisipasi masyarakat  ditambah dengan penilaian fisik kantor kelurahan yang indikator penilaiannya ditentukan oleh panitia. 


Lomba kebersihan dan penataan lingkungan akan dilaksanakan setiap tahun, ini untuk terus menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, juga sesuai tema diangkat.


Melalui lomba kebersihan dan penataan lingkungan, DLH Kota Bima  menyediakan hadiah sebagai reward, atau hadiah untuk juara 1, Rp 20 juta , juara 2 Rp 15, juara 3 Rp 10 juta serta untuk harapan 1 sampai 3 masing-masing Rp 7 juta dipotong pajak.(JB01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.