Notification

×

Iklan

Iklan

Persiapan Seminar Panen Air Hujan, FPRB Rakor Bersama BPBD dan LP2DER

| Selasa, September 27, 2022 WIB Last Updated 2022-09-27T07:57:32Z
Rakor konsolidasi persiapan seminar panen air hujan 

Kota Bima, JangkaBima.com.-

FPRB Mbojo Matenggo bersama LP2DER dan BPBD kota Bima, Selasa (26/9/202) menggelar rakor dan konsolidasi rencana seminar panen air hujan.


Seminar panen air hujan mulai digaungkan oleh FPRB Mbojo Matenggo Kota Bima guna memberikan solusi atas fenomena kekurangan air bersih melanda beberapa wilayah serta ketersediaan air bersih bagi masyarakat kedepannya.


Dalam rakor juga dibahas rencana kunjungan lapangan sebelum pelaksanaan seminar, serta pemetaan wilayah hutan yang rusak dan pemanfaatan air tanah berlebih saat ini. Sehingga perlu ada langkah kongkrit sebagai solusi.


Ketua Harian FPRB Mbojo Matenggo, Anwar Arman menyampaikan, melihat kondisi real situasi alam hari ini sangat memprihatikan kaitan dengan perubahan iklim.


Tak hanya di Kota Bima tetapi seluruh dunia, semua kepala negara fokus mengarahkan program antisipasi tentang perubahan iklim.


Di Kota Bima saat ini bisa dilihat sekeliling, gunung dan hutan sudah rusak, mata air mulai berkurang sehingga berimbas pada masifnya pemanfaatan air tanah atau air bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih.


Tentunya kata Anwar Arman, masifnya pemanfaatan air bor berimplikasi kekurangan air tanah dan kini berdampak pada kurangnya air dalam dan intrusi air laut.


Disisi lain tambah Anwar, air hujan begitu melimpah setiap tahunnya dan semuanya hanya terbuang karena belum dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat.


Hari ini melalui kegiatan Rakor Persiapan Seminar Panen Air Hujan diharapkan bisa membuka mata kita semua, pemerintah dan masyarakat bagaimana air hujan yang melimpah bisa termanfaatkan.


Pada kesempatan itu juga dirinya apresiasi LP2DER dan BPBD sudah satu fisi untuk rencana pemanfaat air hujan melalui rencana seminar sehingga ke depan akan menjadi solusi atasi kebutuhan kekurangan air bagi masyarakat.


Sementara ketua LP2DER, Bambang mengatakan,   selain melalui kegiatan seminar kita juga harus mendorong untuk di advokasi, karena pemanfaatan air hujan akan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat kedepannya.


Terlebih ditengah ancaman bencana alam, banjir dan kekeringan kerap melanda daerah kita " kami LP2DER siap dan mendukung langkah ini," pungkasnya.


Pun disampaikan Sekretaris BPBD kota Bima, Pujawan mendukung seminar panen air hujan dan bisa jadi langkah kongkrit kedepannya.


Serta mendorong program panen air hujan bisa masuk dalam inovasi daerah, karena menilai program panen air hujan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kedepannya untuk atasi masalah kekurangan air.(JB06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.