Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Orang Antusias Ikuti Festival Pawai Budaya Rimpu di Kota Bima

| Sabtu, Agustus 27, 2022 WIB Last Updated 2022-08-27T12:22:27Z
Peserta pawai Rimpu dilepas di Lapangan Pahlawan Raba

Kota Bima, JangkaBima.com.-

Ribuan masyarakat Kota Bima, Sabtu pagi (27/8/2022) begitu antusias mengikuti ajang Festival pawai Budaya Rimpu sepanjang jalan protokol, Soekarno Hatta.


Festival budaya Rimpu sebenarnya bertujuan untuk tetap menjaga kelestarian budaya orang Bima dengan Rimpu pun tenun tradisionalnya.


Pantauan media ini, pukul 07:00 WITA jalanan di Kota Bima penuh aktivitas masyarakat pun sejumlah ASN, Karyawan BUMN, Perbankan, TNI-POLRI hendak mengikuti jalannya festival mengenakan seragam khas budaya Bima.


Kendaraan bak terbuka terlihat lalu lalang dijalan mengangkut penumpang peserta pawai yang semuanya seragam menggenakan Rimpu.


Panitia membagi dua lokasi star peserta, ada yang dari Lapangan Serasuba dari arah barat dan di Lapangan Pahlawan Raba dari arah timur, finis di Halaman Kantor Pemkot Bima.


Dari arah timur barisan palinga depan terlihat  Wali Kota Bima, HM Lutfi berjalan berdampingan dengan Dandim 1608 Bima, Waka Polres Bima-Kota dan unsur Forkompinda lainnya mengenakan pakaian dan sarung khas Bima.


Kemudian diikuti peserta lainnya datang dari masyarakat mewakili masing-masing Rukun Tetangga (RT) di seluruh Kelurahan di Kota Bima, Siswa SMAN, ASN lingkup Kota Bima, BUMN, Guru dan staf.


Masyarakat pun sangat antusias menyaksikan pawai budaya, apalagi setelah dua tahun lebih tak pernah digelarnya perayaan akibat pandemik covid-19.


Sementara berbagai corak dan jenis tenun khas Bima terlihat dikenakan oleh peserta, mulai dari Nggoli, Masrain pun tak pelak khusus pria mengenakan sambolo merupakan topi khas dipadu dengan sarung Nggoli.


Selain itu panitia susah menyiapkan berbagai hadiah doprise bagi peserta dengan hadiah utama 5 unit motor.


Festival Rimpu tahun 2022 ini pun di gadang-gadang akan memecahkan rekor muri tiga tahun sebelumnya.


Festival pawai Rimpu kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan tiga tahun lalu di ruas jalan Ama Hami hingga finis di dalam kawasan pantai Lawata sekaligus memecahkan rekor Muri festival Rimpu dengan peserta terbanyak.(JB06)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.