Notification

×

Iklan

Iklan

PT Pelni Launcing Program Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Ekosistem di Hutan Ncai Kapenta

| Jumat, Desember 23, 2022 WIB Last Updated 2022-12-23T09:28:33Z

Acara louncing Program Pemberdayaan oleh PT Pelni
Kota Bima - Dukung pemulihan kawasan hutan rusak, Jum'at (23/12/2022) PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) launcing program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pemulihan Ekosistem di Kawasan Puncak So Mpori, Kelurahan Jatibaru, Kota Bima NTB.

 

Acara dirangkai dengan kegiatan penanaman 12.800 bibit pohon kemiri itu dihadiri oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, PT Pelni (Persero) Anik Hidayati, Sekda Kota Bima,Muhtar Landa, PLT Kepala BPBD, Sukarno, Kepala DLH, Syarif Rustaman, Kepala BKPH Maria Donggo Massa, Ahyar, Camat Asakota, Suyardin dan  FTSB/TSBK serta sejumlah komunitas.

 

Plt Vice President Treasuri PT Pelni (Persero) Andrie Setiadi dalam laporannya menyampaikan, program ini merupakan program yang disusun dan dipresentasikan oleh Komunitas Kabua Dana Rasa yang telah direspon positif oleh PT Pelni Persero dengan memberikan Sponshor  penuh selama satu tahun.

 

Program ini juga mendapat respon positif dari BKPH Maria Donggo Masa, dimana Program ini mendukung Program yang dicanangkan dengan nama One Resort One Demplot (OROD).

  

Jelas Andrie, program besar kami Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pelestarian Ekosistem ini terdiri dari 3 Sub Program, yaitu membuat kebun percontohan di lahan binaan Ade Malembo di tambah Hutan Kemasyarakatan (HKM) seluas 7 Hektare dengan Komoditas yang dipilih adalah Kemiri.

 

Kemudian melakukan pendidikan konservasi yang akan kami rangkaikan ke dalam acara kemah bakti dan penanaman sebanyak 6 kali selama tahun 2023, tentunya akan melibatkan berbagai komunitas yang peduli akan pelestarian alam Bima.

 

Lanjut membuat persemaian bibit sebanyak 10.000 bibit Kemiri siap tanam untuk di tanam di lahan masyarakat dan binaan komunitas di Bima, siapa pun berhak mengakses karena bibit yang kami siapkan gratis, plus pengantaran bibitnya pun gratis.

 

 

Dalam pelaksanaan Launching ini, kegiatan akan dirangkaikan dengan Kemah Bakti di tanggal 22 Desember 2022 yang melibatkan 13 Komunitas se Bima. Tentunya Kabua Dana Rasa gak sendirian dalam melaksanakan agenda launching ini, melainkan mendapat dukungan dari FTSB/TSBK yang menjadi motor penggerak Komunitas, dan Dewan Kesenian yang membantu mempersiapkan property event.

 

Tak lupa ucapan terimakasih atas dukungan besar dari pemkot Bima sehingga kedepan bisa dirasakan manfaatnya secara ekonomis bagi masyarakat.

 

usai penanaman bibit kemiri, jajaran PT Pelni, Sekda, Kepala DLH dan Camat Asakota
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, PT Pelni, Anik Hidayati dalam sambutannya, Kota Bima merupakan salah satu wilayah di NTB yang sangat dekat dengan PT Pelni. Karena di Kota Bima inilah 5 kapal Pelni bersandar.

 

Sehingga penting bagi kami untuk berkontribusi bagi masyarakat Kota Bima, setelah pada tahun 2019 PT Pelni di Kelurahan Melayu dengan program pengolahan sampah, kini kami kembali hadir memberikan dampak yang signifikan bagi Kota Bima dalam hal mitigasi banjir serta kekeringan akibat perambahan hutan.

 

Melui program ini sebanyak 12.800 bibit pihin kemiri akan ditanam dilahan seluas 7 Hektar dan berharap dapat memberikan konsribusi dalam menyelamatkan dan menghijaukan kembali Kota Bima.

 

Tambah Anik, bahwa seluruh program TJSL memiliki semangat untuk mendukung agenda yang lebih besar, yaitu tujuan pembangunan berkelanjutan. Kegiatan hari ini pun menjadi wujud nyata  dalam melindungi, merotasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan terhadap ekosistem daratan dengan mengelola hutan secara lestari dan menghentikan penggundulan hutan dan memulihkan degradasi lahan.

 

Pihaknya pun berharap upata bersama dilakukan hari ini mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan di Kota Bima dengan bersama-sama menjaga keberlanjutan apa sudah kita capai.

 

Penutup Anik menyampaikan, bakwa sejak tahun 2017, PT Pelni memiliki 5 tema program dengan total lebih 9 program TJSL, yaitu program revitalisasi terumbu karang di Pulai Sepa, Kepulauan Seribu, Pula Bangka Sulawesi Selatan, Pantai Jikolomo Ambon dan Pantai Bangsring Banyuwangi.

 

Sementara Sekda Kota Bima, H Muhtar Landa dan Kepala BKPH Maria Donggo Massa, Ahyar menyampaikan ucapan termakasih dan apresasi pada jajaran PT Pelni Persero sudah memberikan dukungan besar dalam pengembalian ekosistem di Kota Bima.

 

Program seperti ini adalah yang pertama dilakukan oleh BUMN di wilayah Kota Bima, semoga kedepan ekosistem yang telah rusak ini dapat dikembalikan.

 

Tak lupa, Sekda mewakili Wali Kota Bima menyampaikan kesiapan mendukung penuh program dilakukan oleh PT Pelni, apalagi jika melihat kondisi hutan dan gunung saat ini.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis bibit Kemiri diareal lahan sudah disediakan oleh panitia bersama puluhan peserta dari berbagai komunitas yang hadir.(JB01)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.