Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Bima : Pendidikan Prioritas Orang Bima

| Jumat, Oktober 08, 2021 WIB Last Updated 2021-10-08T10:17:40Z
Wali Kota Bima, HM Lutfi

Kota Bima, JB.-

Pendidikan prioritas bagi kehidupan orang Bima, sehingga bayak yang sukses saat merantau diluar daerah, itu disampaikan Wali Kota Bima, HM Lutfi saat hadiri kegiatan sosialisasi program Santri Berprestasi.


Acara sosialisasi digelar, Kamis (7/10) di aula kantor Kemenag Kota Bima Atas kerjasama  Kementerian Agama Kabupaten dan kota Bima dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.


Sosialisasi itu dihadiri langsung Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, MA didampingi Wakil Rektor Prof. Dr. Lily Suraya Eka Putri, M.Erv. Stud dan rombongan. 


Selain Wali Kota Bima, hadir juga pada kegiatan tersebut Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima H. Mujiburrahman, S.Ag, Kepala Madrasah Aliyah dan Pimpinan Pondok Pesantren Se-Kota dan Kabupaten Bima.


Saat memberikan sambutan Wali Kota Bima, HM Lutfi  mengaku bahwa urusan pendidikan anak bagi warga Bima sangat penting. Mereka rela menjual rumah, asal anak-anaknya bisa sekolah. 


“Ini menjadi salah satu filosofi orang Bima.  Makanya banyak orang Bima yang menjadi sukses bahkan menjadi pengajar di kampus-kampus, " ungkap Wali Kota Bima.


Tambahnya,  di UIN maupun di IAIN maupun kampus lainnya termasuk ada profesor-profesor asal Bima baik di pulau Jawa, Makassar dan Mataram.

Wali Kota Bima diapit Bupati Bima dan Jajaran UIN Hidayatullah Jakarta

Tingginya minat orang tua di Bima untuk menyekolahkan anak, menjadi salah satu prioritas kita di Kota Bima untuk membangun   Kampus IAIN ‘’Insyaallah tahun depan kita sudah mulai mendirikan kampus IAIN di Kota Bima. Kita siapkan tanah sekitar 17 hingga 20 hektar,’’ ujar Wali Kota..


Menyinggung tentang pendidikan di Kota Bima diakui, Madrasah Aliyah cukup berprestasi. Seperti MAN 1 dan MAN 2 Kota Bima.  Dia berharap, ketika ada kerjasama antara UIN Syarif Hidayatullah dengan Pemerintah Kota maupun Kabupaten Bima, anak-anak yang berprestasi bisa melanjutkan pendidikan di sana.


‘’Saya siap memback-up,  yang penting nanti anak-anak kita bisa ditampung  di UIN Syarif Hidayatullah,’’ harapnya.


Apalagi kata mantan anggota DPR RI dua periode ini, Kota Bima baru berusia 19 tahun, masih membutuhkan orang-orang pintar, terutama tenaga kedokteran. 


‘’Kalau ada dari kedokteran Syarif hidayatullah, bolehlah mengabdi Co-Ass di Kota Bima. Syukur-syukur mau mengabdi disini, karena terus terang saja di Kota dan Kabupaten masih kekurangan tenaga dokter,’’ bebernya.


Dengan MoU UIN Syarif Hidayatullah dengan pemerintah Kota dan Kabupaten Bima, dia berharap  menjadi peluang bagi anak-anak Bima. Apalagi akunya, banyak orang Bima yang hijrah ke Jakarta. 


‘’Saya awalnya bercita-cita jadi dosen, tapi Allah menentukan saya jadi DPR RI, dan sekarang  jadi Wali Kota Bima, begitulah perjalanan takdir,’’ ujar Wali Kota Bima.(JB06)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.